robinys |
Mau bagi-bagi info nih mengenai Teacher-Centered Learning (TCL) dan student centered learning (SCL), menurut saya sih memang student centered learning (SCL) lebih efektif dari Teacher-Centered Learning (TCL). tapi Teacher-Centered Learning (TCL) juga diperlukan loh pada bab/ materi tertentu. baik Teacher-Centered Learning (TCL) maupun student centered learning (SCL) ada kelebihan dan kekurangan masing-masing loh
TCL
merupakan suatu sistem pembelajaran dimana mahasiswa hanya mendapatkan materi
dari satu sumber saja yaitu dosen. Di sistem ini selain mahasiswa cenderung
pasif karena cenderung hanya mendengar
kuliah saja, dosen juga kurang mengembangkan bahan kuliah dan cenderung
seadanya, monoton.
Kelebihan :
1. Informasi
dapat diberikan kepada sejumlah mahasiswa dalam waktu yang singkat
2. Pengajar
mengendalikan organisasi, materi, dan waktu sepenuhnya.
3.
Menyediakan forum bagi pakar untuk menguatarakan pengalamannya
4. Apabila
kuliah diberikan dengan baik maka dapat menimbulkan inspirasi dan stimulasi
bagi para mahasiswa
5. Pada
umumnya memungkinkan untuk menggunakan metode assessment secara cepat dan mudah
Kekurangan :
1. Pengajar
mengendalikan pengetahuan sepenuhnya.
2. Terjadi
komunikasi satu arah
3. Tidak
kondusif untuk terjadinya critical thinking
4. Mendorong
terjadinya pembelajaran secara pasif
5. Untuk
sebagian besar mahasiswa bukan merupakan cara pembelajaran yang optimal
Tujuan :
Agar materi
yang disampaikan kepada mahasiswa dapat diberikan dalam waktu yang singkat.
Student-Centered
Learning (SCL)
Definisi :
Suatu sistem
pembelajaran dimana mahasiswa/siswa dibentuk dalam satu kelompok yang
anggotanya berjumlah kurang lebih 12 orang. Dalam sistem ini mahasiswa
cenderung aktif dengan mendiskusikan suatu masalah dengan mahasiswa lain dan
mencari informasi dari berbagai sumber.
Kelebihan :
1.
Menyertakan mahasiswa di dalam proses pembelajaran
2. Mendorong
mahasiswa untuk memiliki pengetahuan yang lebih banyak/ luas/ dalam
3. Menjalin
mahasiswa dengan kehidupan nyata
4. Mendorong
terjadinya pembelajaran secara aktif
5. Mendorong
terjadinya critical thinking
6.
Mengarahkan mahasiswa untuk mengenali dan menggunakan berbagai macam gaya
belajar
7.
Memperhatikan kebutuhan dan latar belakang mahasiswa
8. Memberi
kesempatan untuk pengembangan berbagai strategi assessment
Kekurangan :
1. Untuk
mahasiswa dalam jumlah besar sulit untuk diimplementasikan
2. Ada
kemungkinan untuk menggunakan waktu yang lebih banyak
3. Belum
tentu efektif untuk seluruh kurikulum
4. Belum
tentu sesuai untuk mahasiswa yang tak terbiasa aktif, mandiri, dan demokratis.
Tujuan :
Agar
mahasiswa dapat berpikir kritis dan kreatif, serta dapat menyelesaikan kuliah
dalam kurun waktu 4 tahun.
Perbedaan
TCL dan SCL
TCL= a SCL= b
1a. Suasana
berpusat pada dosen
1b. Suasana
berpusat pada mahasiswa
2a. Dosen
yang mengendalikan proses
2b.
Mahasiswa yang mengendalikan proses
3a.
Kekuasaan dan tanggung jawab di tangan dosen
3b.
Mahasiswa yang bertanggung jawab
4a.
Pengalaman pembelajaran bersifat kompetitif antar mahasiswa
4b.
Pembelajaran bersifat kooperatif, kolaboratif, atau independen. Mahasiswa harus
saling bekerja sama. Mahasiswa berkompetisi dengan kinerja mereka sebelumnya
Manakah yang lebih baik metode pembelajaran teacher centered atau learner
center ?
Metode
learner centered adalah metode dimana focus utamanya adalah murid, ini berarti
murid yang harus aktif, guru hanya akan membimbing murid.Sedangkan metode
teacher centered adalah metode dimana guru yang aktif , murid hanya
menjadi pendengar yang baik.
Kedua metode
pembelajaran ini memiliki kelemahan dan kelebihannya masing masing.Kebanyakan
sekolah saat ini ingin memakai metode learner centered namun apakah metode
learner centered jauh lebih baik dari pada teacher centered ? Dibawah akan
dijelaskan kharateristik kedua metode tersebut.
Teacher-Centered
|
Learner-Centered
|
Terfokus
pada guru,guru yang berperan aktif
|
Terfokus
pada murid,murid yang berperan aktif
|
Lebih
terikat pada tata bahasa(murid menggunakan pengertian sesuai dengan
penegertian dari guru)
|
Kurang
terikat dengan tata bahasa, murid memakai kata kata sesuai dengan
pengertiannya
|
Guru yang
berperan aktif, murid menjadi pendengar yang baik.
|
Guru hanya
sebagai pembimbing, murid yang aktif
|
Murid
mengerjakan tugas sendiri
|
Murid
mengerjakan tugas secara berkelompok,berpasagan ataupun sendiri tergantung
keadaaan
|
Guru
memperhatikan perkembangan siswa dengan seksama
|
Murid
memecahkan masalah sendiri , guru hanya akan memberikan feed back dan
memjelaskan persoalan persoalan yang melenceng
|
Karena
guru sangat berperan dalam keberhasilan siswa, maka guru yang tidak
berkualitas akan sangat mempengaruhi kepandaian murid
|
Guru hanya
sebagai pembimbing sehingga guru yang kurang berkualitas tidak begitu
mempengaruhi kepandaian murid
|
Guru yang
menentukan topic yang ingin dipelajari
|
Murid yang
menentukan topic yang ingin di bahas
|
Guru
mengevaluasi pembelajaran murid
|
Murid
mengevaluasi pembelajarannya namun guru juga ikut mengevaluasi
|
Kelas
tenang
|
Kelas
bising
|
Kedua metode
pengajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan, metode teacher centered lebih
menekankan guru yang berperan aktif, murid menjadi pendengar yang baik,metode
ini membuat murid lebih paham dengan materi dan ada penelitian yang dilakuakan
diamerika .Penelitian dilakukan kepada murid sma, setelah diteliti ternyata
murid dengan metode teacher centered mendapat nilai yang lebih bagus dari pada
murid dengan metode learner centered,Namun walaupun mendapat nilai yang lebih
bagus murid yang menggunakan metode learner centered lebih mampu menghadapi
mengahadapi masalah karena mereka terbiasa memecahkan masalah sendiri sehingga
membuat mereka lebih mandiri.Sebaiknya dalam proses pembelajaran kedua metode
ini dipakai agar kelebihan dan kekurangannya dapat diatasi
Refrensi
Santrock.,J.W (2008).Psikologi Pendidikan (edisi kedua).Jakarta:Prenada
Media Group.
Munir.,(2008).Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi.Bandung: Alfabeta.
Munir.,(2008).Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi.Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar