about my life

Waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu,
bersiaplah tuk masa depan, selalu berikan yg terbaik untuk hari ini.
Selalu berpikir positif, jadikan kegagalan hari ini sebagai pengalaman hidup yg berharga tuk menjalani hari esok.


So buat temen-temen mari kita Bersahabat
follow me twitter @robin_ys
facebook http://www.facebook.com/robin.ys

Selasa, 22 Januari 2013

pelajaran hidup untuk tidak sombong

sombong itu kata yang pertama yang saya tulis..
mungkin kata itu dapat mewakili semua hal yang terjadi sekarang, bermula dari rasa ingin lebih dari oleh orang lain,dan terkesan angkuh,egois...
hah hakekatnya manusia tersadar kalo sudah terjadi...menyesal dan penyesalan. :D
tapi biarlah setidaknya,sekarang tahukan itu semua salah,dan ingin berubah menjadi lebih baik..
Ingin sekali rasanya berteriak sekencang-kencangnya,melepas semua amarah yang terpendam ini.ingin rasanya memukul sesorang untuk mengurangi beban ini..
teringat saya masih punya tuhan,allah SWT ,bukankah allah SWT tempat yang paling aman untuk curhat,saya yakin allah SWT akan membimbing saya kejalan yang lebih baik,dan saya yakin jika saya bertekad ingin berubah kearah positif Dia akan membantu saya..#positif thinking aja :D
kejadian hari itu menampar saya sangat keras, saya tak bisa secara detail bercerita disini,biarlah hanya saya yang tahu.. saat itu saya sangat yakin sekali nilai saya dapet 100 untuk mata kuliah itu,tapi setelah dibagikan ternyata nilai saya terendah ke 2 dalam kelas..
itu rasanya ya bro,kayak ditusuk-tusuk pake pisau berualang-ulang,saat itu pingen banget marah kesemua orang.Untungnya ada "my Guardian boy" hoho... sebut saja Hz,loh ketahuan dong..hahha
waktu itu dia ngajak saya makan,kebetulan dari pagi belum makan juga,jadi okelah saya terima,daripada marah-marah tak jelaskan..
saya menggangap dia abang saya yang ke 2,"loh yang ke 2 yang pertama ada dong,sapa..? nantilah kapan-kapan saya cerita tentang dia.
so saya berani bercerita semua yang saya rasakan,yang saya pendam selama ini walaupun tidak semuanya ya..
saya berfikir Hz mempunyai pola pikir yang hampir sama seperti saya, jadi saya berani meminta saran dan wejengan(red) dari dia, karana pada dasarnya saya sangat sulit untuk disuruh dan sering keras kepala jika mempunyai sebuah pendapat.
dari semua yang ia katakan ada satu kalimat yang masih terngiyang-ngiyang sampai sekarang
"biarlah semua itu terjadi bro",setidaknya kamu masih Jujur..
hah,yak benar yang ia katakan ., memang ia bukan pendengar yang baik menyurut saya "az" pendengar yang paling baik yang saya temui,tapi setidaknya bisa buat saya tersadar oleh kenikmatan dunia ini..
Saya kadang-kadang bertanya dengan diri sendiri. Dari mana datangnya keangkuhan dan tinggi hati seorang manusia? Mungkin pertanyaan itu bagi beberapa orang sudah ditemukan jawabannya.
Tetapi bagi saya, itu belum saya temukan, sehingga saya mencoba untuk menelusurinya lebih mendalam melalui apa yang dilakukan oleh orang lain dan menurut pengalaman saya sendiri. Kesombongan menurut saya merupakan pemikiran yang membuat seseorang berpendirian bahwa ia mampu melakukannya sendiri. Kesombongan itu sendiri ditimbulkan oleh rasa bahwa ia sudah mengetahuai terlebih dahulu. Oleh sebab itu, kalau ia sudah mengantongi rasa yang belum dirasakan oleh orang lain, maka ia mengantongi apa yang dinamakan dengan pengetahuan.
Pengetahuan itu menjadi semacam tuhan bagi diri manusia tersebut, sehingga ia menentang apa pun saran dan ide yang diberikan oleh orang lain. Tidak hanya itu, jika sudah terjebak ke dalam kesombongan itu sendiri, manusia terkadang menjadi lebih keras dan tegas dari hukum universal itu sendiri. Hukum universal itu sendiri menyatakan bahwa sebagai manusia harus tolong menolong dan bekerja sama. Toleransi pun menjadi semacam jiwa fleksibelitas dari manusia itu sendiri. Jadi, untuk apa masih ada kesombongan dan keangkuhan?
Dampak dari kesombongan itu sendiri ternyata sudah diatur oleh sistem yang dibuat oleh alam. Manusia dengan karakter sombong akan dipertemukan dengan karakter yang berlawanan dengannya. Atau yang lebih parahnya, manusia tersebut akan bertemu dengan manusia lain yang memiliki kemampuan untuk menekuk kesombongannya.
Berikut ini hal-hal yang dapat menjinakkannya sifat sombong Bro .. saling meningatkan ya...
1.Senantiasa mengingat dan menanamkan keyakinan bahwa sombong itu dosa. Bukan orang lain yang akan merasakan balasan buruknya dari Allah melainkan diri sendiri
2.Yakinlah, kesombongan tidak akan menambah apapun selain kerugian. Tidak ada orang yang suka siapapun yang angkuh dan sombong. Sama seperti anda dan saya. Sebenarnya, seseorang yang sombong juga tidak suka bila ada orang lain berlaku sombong didepannya (benarkan ?? )
3.Sering-seringlah mengingat kelemahan diri sendiri.dengan begitu kita akan sadar ,tak ada yang sempurnya selain allah SWT
4.Setiap kali muncul keinginan untuk sombong atau membanggakan diri, segeralah mohon ampunan kepada Allah. Berlindunglah dari kesombongan, dan berdo’alah kepada Allah! Mudah-mudahan Allah swt mengabulkan.
Oleh sebab itu, untuk mengatasi dan menghindari dari jebakan kesombongan itu, manusia harus masuk ke dalam inti dari eksistensinya di dunia ini. Untuk apa dia ada? Dan bagaimana dia memahami dan bertanggung jawab terhadap eksistensinya tersebut.

Tidak ada komentar: